ATR 72-500 Take-Off, Climb, and Cruise Tutorial

Halo, flightsimmers. Untuk membuat tutorial ini, saya menggunakan Microsoft Flight Simulator 2004 dan Flight1 ATR 72-500. Mari kita mulai.

Setelah data FMC di-set, tekan tombol FULL/ARC, MAP, dan RNV pada EFIS Control Panel. Map range juga dapat disesuaikan sendiri menggunakan tombol bertanda panah atas & bawah.


Sesuaikan settingan Autopilot. Atur altitude sesuai cruising altitude atau initial altitude yang diberikan ATC. Set HDG LO BANK dan atur heading sesuai departure runway heading.

Saat memulai take-off roll, nyalakan timer dan pastikan Gust Lock dalam keadaan Released, set trim, dan extend flaps ke posisi 15. Naikkan throttle ke atas.


Melewati Vr speed, naikkan pitch sampai sekitar 9 degrees. Saat positive rate, retract landing gear dan nyalakan Yaw Damper. Terbanglah mengikuti Flight Director Bars pada PFD.

Melewati 1000 feet di atas departure runway, pilih PWR MGT ke CLB, set IAS ke 170 knots, dan Autopilot bisa di-engage. LNAV juga dapat dipilih. Saat speed sudah melewati white bug, flaps bisa di retract ke posisi 0.

Melewati transition altitude, set barometer ke 29.92 inHg/1013.25 mbar.

Saat mencapai cruising altitude, atur PWR MGT ke posisi CRZ.

Sekian tutorial singkat ini dan semoga dapat membantu. Terima kasih.

Aulia Akbar

No comments:

Post a Comment

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Instagram